Info Bibit Gurami:

    Mengenal penyakit ikan gurami

    Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk menulis tentang Mengenal penyakit ikan gurami ,hal yang dapat menyebabkan matinya ikan adalah penyakit yang disebut penyakit non parasiter dan penyakit yang disebabkan parasit. hal-hal tidak parasiter bisa seperti pencemaran air, adanya gas-gas beracun berupa asam belerang atau amoniak, rusak akibat penangkapan atau kelainan tubuh karena keturunan,Cara penanggulangannya bisa dengan mendeteksi lokasi kolam dan perilaku ikan gurami tersebut. Memang diperlukan pengetahuan dan pengalaman yang cukup untuk mengetahuinya. ikan gurami yang sakit biasanya menjadi kurus dan tentu sangat lambat dalam  bergerak. Gangguan lain yang berupa penyakit parasiter, yang diakibatkan oleh bakteri, virus, jamur dan berbagai mikroorganisme lainnya. Kalo ikan gurami ada yang terkena penyakit parasit bisa di kenali :

    1. Penyakit pada kulit: pada bagian tubuh yang berwarna merah terutama di bagian dada, perut dan sirip.
    2. Penyakit pada insang: tutup insang mengembang, Lembaran insang menjadi pucat, kadang tampak semburat merah dan kelabu
    3. Penyakit pada organ dalam: perut ikan membengkak, sisik berdiri.

    Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan mengangkat ikan dan penjemuran kolam beberapa hari agar si parasit pada mati. Parasit yang menempel pada tubuh ikan dapat disiangi dengan pinset. Pengobatan bagi ikan gurami yang sudah cukup memprihatikan keadaannya, dapat dilakukan dengan menggunakan bahan kimia diantaranya:
    Pengobatan dengan Kalium Permanganat (PK)

    • Sediakan air sumur atau sumber air lainnya yang bersih dalam bak penampungan sesuai dengan berat ikan yang akan diobati.
    • Buat larutan PK sebanyak 2 gram/10 liter atau 1,5 sdt/100 l air.
    • Rendam ikan yang akan diobati dalam larutan tersebut selama 30-60 menit dengan diawasi terus menerus.
    • Bila belum sembuh betul, pengobatan ulang dapat dilakukan 3 atau 4 hari kemudian.

    Pengobatan dengan Neguvon. Ikan direndam pada larutan neguvon dengan 2-3,5% selama 3 mernit. Untuk pembe-rantasan parasit di kolam, bahan tersebut dilarutkan dalam air hingga konsentrasi 0,1% Neguvon lalu disiramkan ke dalam kolam yang telah dikeringkan. Biarkan selama 2 hari.
    Pengobatan dengan garam dapur. Hal ini dilakukan di pedesaan yang sulit mendapatkan bahan-bahan kimia. Caranya:

    • siapkan wadah yang diisi air bersih. setiap 100 cc air bersih dicampurkan 1-2 gram (NaCl), diaduk sampai rata
    • ikan yang sakit direndam dalam larutan tersebut. Tetapi karena obat ini berbahaya, lamanya perendaman cukup 5-10 menit saja
    • Setelah itu segera ikan dipindahkan ke wadah yang berisi air bersih untuk selanjutnya dipindahkan kembali ke dalam kolam
    • pengobatan ulang dapat dilakukan 3-4 hari kemudian dengan cara yang sama.

    Penyakit Hama
    Bagi bibit ikan gurami musuh yang paling utama adalah gangguan dari ikan liar/pemangsa dan beberapa jenis ikan peliharaan seperti tawes, gurame dan sepat. Musuh lainnya adalah biawak, katak, ular dan bermacam-macam burung pemangsa.

    Penyakit Jamur
    pada tubuh ikan gurami yang terinfeksi jamur akan muncul benang – benang berwarna krem seperti kapas, biasanya pada kulit tubuh yang terluka. Jenis jamur yang menyerang ikan gurami adalah Saprolegnia dan Achyla. Jamur ini akan menyebabkan ikan menjadi lemah karena kurang makan, sehingga bisa memicu penyakit lain muncul. Cara penyembuhannya adalah dengan memberikan garam ke dalam kolam dengan jumlah 400g/m2 selama 24 jam untuk kemudian diganti besok harinya, selain garam bisa juga dipakai malachyte oxalatesebanyak 1 mg/l air selama 12 jam. Bisa juga menggunakan larutan formalin 200 ppm selama 2 sampai 3 jam.

    Hama dan Penyakit Pada Budidaya Gurame dan Cara Penanggulangannya

    Demikian artikel tentang Mengenal penyakit ikan gurami.


    Pemasok bibit ikan gurame seluruh indonesia

    Jadilah pengikut Surya Mina Farm untuk mendapatkan informasi mengenai Budidaya Ikan Air Tawar secara GRATIS setiap harinya.
    HP: 08122 6633 426 Surya Mina
    KeluarTemukan Pembaharuan Kami di Facebook
    Jadilah pengikut Surya Mina Farm untuk mendapatkan informasi mengenai Budidaya Ikan Air Tawar secara GRATIS setiap harinya.