Info Bibit Gurami:

    Proses budidaya ikan gurami kolam terpal

    Tahap kali ini kita anggap persiapan kolam terpal sudah selesai dan siap di gunakan, akan tetapi sebelum ikan gurami dimasukkan perlu dipastikan terlebih dahulu kolam dalam kondisi bersih dari penyakit dan zat-zat berbahaya, dan sangat di sarankan terpal yang baru di beli harus di cuci terlebih dahulu guna menghilangkan zat pewarna dan zat kimia lainnya.

    Untuk membunuh patogen di dalam kolam yang sudah ada air nya ,bisa ditaburi garam 3 ons/m3,periksalah bibit gurami anda dan pastikan terbebas dari penyakita untuk menghindari gagal panen, Jika ada gurame yang terkena penyakit perlu pisahkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kolam budidaya.

    Pemberian pakan

    Tahap selanjutnya yaitu tips pemberian pakan yang baik, bibit gurameh diberi makan 2 kali dalam sehari dengan pellet dengan kandungan protein 25% sampai dengan 30 %, frekuensi pemberian makan lebih baik dalam frekuensi yang banyak tetapi dalam jumlah sedikit-sedikit daripada dalam frekuensi sedikit tetapi jumlahnya banyak, selain Pelet pakan untuk ikan gurami juga bisa ditambahkan dengan daun-daunan dan sayuran. Daun-daunan dan sayuran sangat bermanfaat dan perlu bagi kesehatan maupun pertumbuhan ikan gurame.

    Pada budidaya ikan gurami dengan terpal ini perlu dihindari pemberian makanan yang berlebihan, jika ada makanan yang tersisa harus segera dibuang, makanan ikan dan kotoran ikan yang ada di kolam mengandung zat amoniak yang dalam jumlah tertentu bersifat racun bagi gurami selain memberi makan dengan jumlah dan frekuensi teratur hal lain yang perlu diperhatikan adalah kualitas air.

    Ikan gurami memang terbilang cukup tahan air, tetapi anda di sarankan untuk tetap menjaga kebersihan kolam dan air, karena air kotor bisa mengundang datangnya penyakit, biasanya penggantian dilakukan satu minggu atau 2minggu sekali dengan melakukan shift pond, air disedot keluar dengan selang atau pompa, kotoran keluar melalui selang tersebut, kemudian di isi air yang baru lagi. Lebih bagus lagi jika kolam diberi aerator atau filter untuk menambah kadar oksigen dan membersihkan kotoran secara otomatis.

    demikian artikel singkat tentang Proses budidaya ikan gurami kolam terpal

    ikan gurami kolam terpal


    Pemasok bibit ikan gurame seluruh indonesia

    Jadilah pengikut Surya Mina Farm untuk mendapatkan informasi mengenai Budidaya Ikan Air Tawar secara GRATIS setiap harinya.
    HP: 08122 6633 426 Surya Mina
    KeluarTemukan Pembaharuan Kami di Facebook
    Jadilah pengikut Surya Mina Farm untuk mendapatkan informasi mengenai Budidaya Ikan Air Tawar secara GRATIS setiap harinya.