Info Bibit Gurami:

    Tanaman obat untuk mencegah penyakit ikan gurami

    Tanaman obat untuk mencegah penyakit ikan gurami termasuk obat yang relatif lebih aman untuk lingkungan dan efektif dalam mengobati penyakit ikan dapat menggunakan bermacam-macam tanaman obat tradisional, banyak sekali jenis tanaman yang mengandung senyawa yang bersifat antimikroba, sejumlah tanaman mengandung senyawa bersifat bakterisidal (pembunuh bakteri), dan bakteristatik (penghambat pertumbuhan bakteri), di samping itu harga nya pun murah serta mudah di dapatkan.

    Dari beberapa percobaan fitofarmaka tanaman terbukti manjur dalam mengatasi penyakit ikan gurami antara lain:

    • Menjadi bahan alami pengganti antibiotik untuk pengendali penyakit yang disebabkan bakteri.
    • Ramah terhadap lingkungan, mudah hancur/terurai, dan tidak menyebabkan residu pada ikan dan manusia.
    • mudah diperoleh dan tersedia cukup banyak, serta harganya yang ekonomis dan cukup murah.

    Fitofarmaka yang dapat dijadikan pengganti antibiotik untuk mengatasi penyakit ikan gurami adalah bawang putih , dan daun ketapang, informasi dari hasil penelitian lain, bahan lain yang dijadikan bahan antibiotik adalah daun sirih, daun jambu biji, jombang dan daun sambiroto, daun sirih sudah terkenal karena berdaya antioksidasi, antiseptik, bakterisida, dan fungisida, tanaman sambiloto bersifat anti bakteri, sedangkan daun jambu biji selain bersifat anti bakteri juga bersifat anti viral.

    Beberapa tanaman obat yang sudah ditelitI oleh peneliti indonesia.

    1). Meniran

    5000 mg/l
    Rendam (5 jam)
    Anti. Aeromonas hydrophila

    2). Kipahit

    10.000 mg/l
    Rendam (3 jam)
    Anti. Mycobacteriosis

    3). Daun Semboja

    600-700mg/l
    Rendam
    Anti Aeromonas hydrophila

    4). Sambiroto 200-300 mg/l

    Rendam (lama)
    Anti Aeromonas hydrophila
    400 mg/l Rendam (lama) Meringankan KHV

    Ekstrak daun kipahit secara invitro pada berbagai dosis diuji efektifitasnya terhadap bakteri Mycobacterium fortuitum, LC50 bakteri Mycobacterium fortuitum dan toksisitas ektrak daun juga diuji terhadap ikan, kegunaan ekstrak daun juga diuji bagi pengobatan ikan Gurami yang telah diinfeksi oleh bakteri Mycobacterium fortuitum pada level 108 cfu/ml.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kipahit pada level konsentrasi 10.000 mg/l dapat menghambat pertumbuhan bakteri, sedangkan perendaman ikan yang sudah terkena bakteri dengan dosis yang sama dengan lama perendaman 3 jam dapat digunakan untuk pengobatan penyakit Mycobacteriosis.

    Penggunaan bahan-bahan alami digunakan untuk pengendalian jamur antara lain dapat menggunakan bawang yang putih ,kunyit, daun sirih, daun pepaya dan brotowali, tanaman obat ini dapat berguna untuk membasmi penyakit jamur yang menempel pada tubuh ikan, walaupun dalam membasmi suatu penyakit dengan menggunakan bahan-bahan alami memiliki waktu yang lama, kemudian ke-5 bahan-bahan alami yang dapat menyembuhkan penyakit jamur pada ikan yaitu bawang putih, sumber lain menyampaikan informasi adanya manfaat dari tanaman alami untuk obat seperti pada penjelasan berikut.

    Tanaman obat dan manfaatnya

    1. Bawang putih 25mg/l Obati serangan Aeromonas hydrophila pada ikan patin
    2. Daun sirih 2gr/60ml Obati serangan Aeromonas hydrophila pada ikan lele
    3. Daun jambu biji 0,2gr/60ml Obati serangan Aeromonas hydrophila pada ikan lele
    4. Daun sambiloto 2gr/60ml Obati serangan Aeromonas hydrophila pada ikan lele
    5. Daun jombang dan ketapang 60gr/l Obati serangan Aeromonas hydrophila pada ikan patin
    (Zainal Abidin, 2005)

    Daun jombang

    Daun jombang

    Daun ketapang

    Daun ketapang

    Sekian artikel tentang Tanaman obat untuk mencegah penyakit ikan gurami, semoga bisa membantu dan bermanfaat buat yang membutuhkan……….


    Pemasok bibit ikan gurame seluruh indonesia

    Jadilah pengikut Surya Mina Farm untuk mendapatkan informasi mengenai Budidaya Ikan Air Tawar secara GRATIS setiap harinya.
    HP: 08122 6633 426 Surya Mina
    KeluarTemukan Pembaharuan Kami di Facebook
    Jadilah pengikut Surya Mina Farm untuk mendapatkan informasi mengenai Budidaya Ikan Air Tawar secara GRATIS setiap harinya.